[laravel]
Published:

Deploy Laravel ke Shared Hosting

Daftar Isi

Laravel adalah salah satu Framework PHP paling populer, penggunaan Laravel sebagian besar ditangani oleh perintah bash yang Anda jalankan di terminal, itu disebut artisan, Anda dapat dengan mudah membuat pengontrol, model basis data, dll.

Tapi bagaimana jika kita ingin men-deploy project semacam ini ke server dengan fitur terbatas seperti CPanel atau Shared Hosting? bisa sih tapi agak ribet, singkatnya kita tinggal pisahkan folder public dengan seluruh file project Laravel lalu perbaiki path di codenya, yang utama folder public diperlihatkan ke visitor dan selebihnya berada di suatu tempat yang tidak dapat diakses oleh pengunjung.

MyApp
├── app
├── bootstrap
├── config
├── database
├── public
├── resources
...

Langkah - langkah Link to this section

  1. Buat folder baru dengan nama apa saja, misalnya kita menggunakan laravel lalu pindahkan seluruh file kecuali folder public ke folder laravel yang baru saja kita buat.

  2. Ganti nama nama folder publik Anda agar sesuai dengan nama direktori publik server, kebanyakan bernama public_html dan terkadang htdocs.

  3. Buka file index.php di dalam folder publik kemudian perbaiki path dengan mengganti dari /../ menjadi /../laravel/, perhatikan bahwa folder laravel adalah folder yang sama dengan yang sudah kita buat sebelumnya di Langkah 1.

Itu saja, sudah selesai. Jangan lupa untuk mengkonfigurasi file .env.